Minggu, 11 Januari 2015

Biologi, Kemanakah Karir Membawaku Pergi?


Hai sobat blogger, perkenalkan saya seorang mahasiswa tahun kedua di salah satu universitas pendidikan ternama di Indonesia (udah jelas bgt, hehe). Sebenarnya, ini bukanlah postingan pertama saya dalam memasuki dunia era blogging. Blog ini dibuat dan terakhir update ketika saya masih duduk di bangku SMA. Tema blog saya ini masih acak acakan dan tidak menentu. Namun, daripada usang saya menggunakan blog ini sebagai bahan review dan sumber informasi mengenai life science (woalaaah) alias biologi, heheh...

Banyak dari orang-orang awam seperti saya memikirkan hal yang berbau perspektif masa depan atau biasa kita bilang "abis lulus mau kerja apa?" Nah saya kepingin banget sedikit berbagi, khususnya untuk anda yang berjuang di jalan biologi. Banyak yang bilang lulusan biologi S1 itu susah dapat pekerjaan? Saya mungkin akan menjawab, ya benar. Di kampus saya apalagi, mungkin kalo dari lulusan S1 Pendidikan Biologi itu sudah jelas arahannya mau kemana. Namun untuk lulusan biologi murninnya???

Akhir akhir ini, gairah saya untuk kuliah menujuk ke angka 0 bahkan minus. Saya ingin cepat cepat lulus tetapi dimanakah perusahaan yang membutuhkan jasa seorang lulusan S1 biologi. Anda mungkin juga sudah pernah googling ke blog yang menyediakan informasi mengenai prospek kerja, disitu dikatakan kita bisa bekerja di:
1. Forensik
2. LIPI
3. Civitas Kampus (Dosen)
4. BUMN
5. Dan profesi lainnya.

Awal saya memasuki dunia perkuliahan, saya memilih biologi karena ya semasa SMA saya sering ikut Olimpiade dan kebetulan saya merasa passion terbaik saya disitu. Dan sekilas melihat prospek tersebut lumayan meyakinkan. Namun kemarin persis, saya dalam perjalanan sembari mencari informasi lewat Google perusahaan mana saja yang benar benar membutuhkan kualifikasi dari lulusan S1 biologi, berikut hasil yang saya dapatkan per akhir tahun 2014:

1. Lowongan kerja di Petrokimia Gresik

Dari lowongan pertama ini, memang mengindikasikan lulusan biologi namun kurang jelas untuk ditempatkan diposisi apa, dan sepertinya kualifikasi biologi bukanlah yang utama jika dilihat dari gambar diatas.

2. Lowongan kerja di Pt. Nestle Indonesia


Nah, untuk loker yang kedua ini, jelas untuk posisi dan kualifikasinya. Menurut saya, ini loker yang lumayan jelas untuk biologi S1 akhir akhir ini. Merujuk pada situs www.qerja.com gaji pada posisi ini sampai pada angka 4,0-4,2 juta.

Nah mungkin postingan ini bisa membuka sedikit wawasan dan memberikan semangat kepada semua yang bertumpu pada biologi agar selalu mau berusaha bahwa banyak perusahaan diluar sana yang membutuhkan kualifikasi kita, kita harus tergerak untuk mencari, memang relatif susah dan langka tapi tapi perusahaan pasti punya 1 posisi yang membutuhkan kinerja lulusan biologi, sampai jumpa di puncak kesuksesan sobat.

Regards
Mr.Diza

0 komentar:

Posting Komentar